Menengok BLU Pendidikan, Agen Pemerintah menjaga Sektor Pendidikan di Era Pandemi
Sintong Arfiyansyah • 14.09.2021

Fokus bantuan terhadap sektor kesehatan dan ekonomi untuk saat ini, tentu mengharuskan BLU sektor pendidikan untuk lebih mandiri menjaga ritme layanan pendidikan sekaligus membantu sektor kesehatan dan ekonomi.

Menengok BLU Pendidikan, Agen Pemerintah menjaga Sektor Pendidikan di Era Pandemi

Menengok BLU Pendidikan, Agen Pemerintah menjaga Sektor Pendidikan di Era Pandemi
administrator • 14.09.2021

Fokus bantuan terhadap sektor kesehatan dan ekonomi untuk saat ini, tentu mengharuskan BLU sektor pendidikan untuk lebih mandiri menjaga ritme layanan pendidikan sekaligus membantu sektor kesehatan dan ekonomi.

Wisata di Banyuwangi pakai Pesawat Latih?
Laras Anindita Andarini • 27.08.2021

Bagi sahabat BLU yang punya hobi travelling, ada info menarik nih untuk referensi pengalaman liburan yang berbeda dari biasanya.

Kini sahaba BLU bisa menikmati keindahan alam Banyuwangi dari udara melalui Joy Flight dengan pesawat latih lho..

Pesawat ini dimiliki oleh Akademi Penerbangan Indonesia (API) Banyuwangi yang merupakan salah satu BLU Pendidikan.

Sebagai BLU, selain menjalankan tusi utama untuk memberikan pendidikan dan pelatihan penerbangan, API Banyuwangi juga menjalankan tusi pengelolaan aset, salah satunya melalui optimalisasi aset pesawat latih untuk keperluan Joy Flight.

Dengan optimalisasi aset ini, selain berdampak pada income BLU yang meningkat, juga berdampak pada meningkatnya pariwisata setempat.

Yuk...

Sahabat BLU yang tertarik dan penasaran, boleh dicoba Joy Flight dari salah satu BLU Pendidikan ini..

Maklumat Pelayanan Dit PPK BLU
Informasi • 25.06.2021

Maklumat Pelayanan Dit PPK BLU

BLU dan KPBU
M. Syaibani • 29.09.2020

Apakah BLU dapat didirikan jika alasan pendiriannya hanyalah sebagai collecting unit dan paying agent? Pertanyaan ini terkait dengan Skema KPBU (Kerja sama Pemerintatah dan Badan Usaha).

“Entrepreneurship pada Badan Layanan Umum”
Dit. PPK BLU - (sin/rsw/nat) • 09.03.2020

Di masa kini, kewirausahaan (entrepreneurship) tidak hanya dikenal di sektor swasta, namun juga diterapkan di sektor pemerintahan (birokrat). BLU yang bertugas memberikan layanan publik yang berkualitas pada masyarakat dengan sekecil mungkin menjadi beban anggaran negara, menghadapi dilema mengingat keterbatasan anggaran pemerintah.

Memahami Badan Layanan Umum Sebagai Ujung Tombak Pemerintah Dalam Pelayanan Publik
Donny Maha P & Sintong A • 23.12.2019

Negara berkewajiban melayani setiap warga negara dan penduduk untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publik. Hal ini merupakan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Remunerasi dan Kontribusinya terhadap Kinerja BLU Bidang Pendidikan
Donny Maha P & Sintong A • 20.12.2019

Pemerintah mempunyai wakil atau agen dalam menjalankan konsep enterprising the government. Agen itu adalah Badan Layanan Umum (BLU). Salah satu keunikan yang dimiliki oleh BLU adalah BLU diberikan fleksibilitas tersendiri dalam mengelola keuangannya sehingga dapat memberikan keluwesan dengan tujuan mengoptimalkan pelayanannya kepada masyarakat.

BLU sebuah Ikhtiar
M. Syaibani • 02.01.2019

2018 pun berlalu, APBN menjadi menu pembicaraan pada berbagai kesempatan, lebih khusus bagi para pemerhati keuangan negara. Target, harapan, kerja keras, tantangan, hambatan, kegagalan, dan keberhasilan menjadi begitu menggiurkan untuk disantap. Sesekali, di sela-sela diskusi kita akan mendengar kata-kata BLU terlontar, termasuk harapan yang disandarkan dan capaian yang telah digapai.

Otonomi dan Pengendalian Keuangan pada Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU)
Budi Waluyo • 22.10.2018

Praktik otonomi dan pengendalian keuangan ini diteliti menggunakan studi kasus pada tujuh Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) di Indonesia. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan 17 responden yang meliputi pejabat PTN-BLU, pembuat kebijakan, dan ahli. Hasil wawancara dianalisis menggunakan pendekatan induktif-deduktif.