Pertanyaan:

Selamat pagi admin yang terhormat. Ingin bertanya tentang Penilaian Kinerja BLU. Bagaimana prosedurnya, mekanismenya, sampai kemudian dihasilkan nilai kinerja masing-masing BLU. Demikian kami sampaikan, atas jawaban pertanyaannya kami ucapkan terima kasih.

18.12.2020 • Kurniawan

Jawaban:

Yth Bapak Kurniawan

Terima kasih sudah menghubungi helpdesk website Dit PPK BLU

Terkait dengan pertanyaan Bapak mengenai Penilaian Kinerja BLU, dapat kami sampaikan bahwa Penilaian kinerja Badan Layanan Umum (BLU) terdiri dari 3 macam, antara lain:

Pertama, Penilaian Kinerja BLU terkait penilaian capaian penyediaan layanan umum yang diselenggarakan oleh BLU, yang meliputi penilaian aspek keuangan dan penilaian aspek pelayanan, dilakukan secara tahunan.

Penilaian kinerja BLU dalam hal ini berpedoman pada:

·Untuk Bidang Kesehatan, Peraturan Direktorat Jenderal (Perdirjen) Pebendaharaan Nomor (No.) PER-36/PB/2016;

·Untuk Bidang Pendidikan, Perdirjen Perbendaharaan No. PER-32/PB/2014 juncto (jo.) PER-22/PB/2018;

·Untuk BLU Bidang Layanan Lainnya, Perdirjen Perbendaharaan No. PER-33/PB/2014 jo. PER-23/PB/2018.

Ketentuan lebih lanjut penilaian aspek pelayanan berpedoman pada peraturan minimal ditetapkan oleh pejabat eselon 1 pada kementerian/lembaga yang menaungi BLU yang bersangkutan.

Yang berwenang melaksanakan dan menetapkan Penilaian Kinerja BLU adalah Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan (PPK) BLU.

Penilaian Aspek Keuangan dilakukan dengan membandingkan data keuangan yang terdapat pada pos Laporan Keuangan (Rasio Keuangan), dan Menilai tingkat kepatuhan BLU terhadap peraturan perundang-undangan mengenai PK-BLU (Kepatuhan).

Rasio Keuangan yang dinilai meliputi:

·Rasio Kas;

·Rasio Lancar;

·Periode Penagihan Piutang;

·Imbalan Ekuitas;

·Imbalan atas Aset Tetap;

·Perputaran Aset tetap;

·Rasio Pendapatan PNBP terhadap Biaya Operasional.

Kepatuhan yang dinilai meliputi:

·Penyusunan dan penyampaian RBA definitif;

·Penyusunan dan penyampaian LK berdasarkan SAP;

·Penyampaian SP3B-BLU;

·Persetujuan tarif layanan;

·Penetapan sistem akuntansi;

·Persetujuan pembukaan rekening;

·Penyusunan SOP pengelolaan kas;

·Penyusunan SOP pengelolaan piutang;

·Penyusunan SOP pengelolaan utang;

·Penyusunan SOP pengelolaan pengadaan barang dan jasa;

·Penyusunan SOP pengelolaan barang inventaris.

Penilaian Aspek Pelayanan dilakukan untuk mengukur segala bentuk aktivitas pelayanan umum di bidang layanan pendidikan pada BLU pendidikan guna memenuhi harapan penggunaan barang dan jasa (Kualitas Layanan), dan untuk mengukur upaya peningkatan kualitas pelayanan umum di bidang layanan pendidikan pada BLU pendidikan dan kesesuaian terhadap persyaratan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat (Mutu dan manfaat kepada masyarakat)

Prosedur Penilaian Kinerja, data perhitungan aspek pelayanan disampaikan kepada Direktur Jenderal Perbendaharaan c.q. Direktur PPKBLU paling lambat akhir semester I tahun anggaran berikutnya. Kemudian, data perhitungan aspek pelayanan dan aspek keuangan per rumpun diolah oleh masing-masing Subdit PPKBLU yang berwenang menghasilkan Data Penilaian Kinerja BLU. Data Penilaian Kinerja BLU tersebut ditetapkan dengan Keputusan Direktur PPKBLU.

Penjelasan detail mengenai Penilaian kinerja BLU ini dapat dilihat pada Perdirjen terkait di atas.

Kedua, Penilaian Kinerja BLU terkait Capaian Kinerja BLU atas Kontrak Kinerja antara Direktur Jenderal Perbendaharaan dengan Pemimpin BLU. Penilaian kinerja BLU ini berpengaruh langsung terhadap Remunerasi Pemimpin BLU.

Ketiga, Penilaian Kinerja terkait Maturitas BLU. Saat ini, Dit. PPK BLU mengembangkan BLU Maturity Rating Assesment Tools and Evaluation dalam rangka menilai maturitas suatu BLU dan rencana akan diterapkan pada 2021.

Demikian, semoga bermanfaat.

Terjawab 28.12.2020