Pertanyaan:

Yth bapak/ibu, apakah ptn satker ketika disahkan menjadi ptn blu, sebagian pegawainya dalam hal ini tenaga kependidikan/administrasi bisa memilih untuk tidak mendapatkan remunerasi tetapi memilih untuk tetap menerima tunjangan kinerja dari pusat? Jika tidak, apakah besaran tunjangan kinerja pada kemdikbud tidak dijadikan patokan dalam penetapan besaran remunerasi nantinya? karena ada kekhawatiran dari tenaga kependidikan/administrasi di ptn kami ketika alih status menjadi ptn blu maka remunerasi yang diterima akan jauh lebih kecil dari besaran tukin yang selama ini telah diterima, karena penghasilan ptn kami yang masih belum cukup besar. Terimakasih

23.12.2020 • Aditia Himawan

Jawaban:

Yth Bapak Aditia

Terima kasih telah menghubungi helpdesk website Dit PPK BLU

Terkait dengan pertanyaan Bapak , dapat kami sampaikan bahwa ketika sebuah instansi pemerintah ditetapkan sebagai satuan kerja dengan pola pengelolaan keuangan BLU, mekanisme pemberian penghasilan bagi para pejabat/pegawainya dilaksanakan melalui skema remunerasi.

Dengan demikian, ketika satker BLU menerapkan remunerasi, maka tidak terdapat lagi skema pemberian penghasilan berupa tunjangan kinerja bagi para pejabat/pegawai pada BLU. Hal ini sejalan dengan pengaturan pada Peraturan Presiden terkait tunjangan kinerja pada masing-masing K/L yang menyatakan bahwa tunjangan kinerja tidak diberikan kepada pegawai pada BLU yang telah mendapatkan remunerasi.

Demikian, semoga bermanfaat.

Terjawab 07.01.2021