Pertanyaan:

Bolehkah pembayaran angsuran pokok dan pendapatan jasa layanan dibayarakan oleh debitur ke satu rekening yang sama. Setelah di akhir periode pelaporan di pindahkan ke rekening seharusnya. Angsuran pokok ke Rekening Dana Kelolaan dan Pendapatan jasa layanan ke Rekening Operasional.

20.04.2022 • Putri

Jawaban:

Yth. Saudari Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan helpdesk Direktorat PPK BLU.

Pengelolaan Rekening Milik Satuan Kerja Lingkup Kementerian Negara/ Lembaga Diatur Dalam PMK Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 182/PMK.05/2017. Dalam PMK tersebut diatur bahwa Rekening operasional BLU adalah Rekening Lainnya dalam bentuk giro milik BLU yang dipergunakan untuk menampung seluruh penerimaan atau membayar seluruh pengeluaran BLU yang dananya bersumber dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) BLU pada Bank Umum.

Sementara, Rekening Dana Kelolaan adalah Rekening Lainnya dalam bentuk giro milik BLU yang dipergunakan untuk menampung Dana bergulir dan/atau Dana yang belum menjadi hak BLU. Penggunaan rekening sesuai peruntukannya sebagaimana diatur dalam PMK Nomor 182/PMK.05/2017 harus dilaksanakan secara konsisten. Untuk itu pembayaran angsuran pokok dan pendapatan jasa layanan tidak dapat disimpan pada satu rekening yang sama.

demikian disampaikan, semoga dapat membantu.

Terjawab 20.07.2022