Pertanyaan:

Apakah yang mendasasi pembagian remunerasi di sebuah rumah sakit? Kami yang merupakan perawat kenapa remunerasi yg didapatkan kecil dari orang administrasi dan penunjang lainnya. Padahal jika terkena penyakit, kamilah yg terkena penyakit tetlebih dahulu karena kami berhadapan dengan pasien. Begitu jauhnya perbedaan remunerasi kami dengan para pegawai administrasi yg tidak berhubungan langsung dengan pasien

10.04.2018 • Andi

Jawaban:

Remunerasi pada BLU Rumah Sakit diberikan mendasarkan PP 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan BLU jo. PP 74 Tahun 2012, PMK 176 Tahun 2017 tentang Pedoman Remunerasi BLU dan Keputusan Menteri Keuangan tentang penetapan remunerasi masing-masing BLU Rumah Sakit. Penetapan besaran remunerasi pada masing-masing BLU Rumah Sakit berbeda-beda karena memperhatikan aspek proporsionalitas, kesetaraan, kepatutan, dan kinerja BLU Rumah Sakit berkenaan.

Terkait pembagian/pembayaran besaran remunerasi pada BLU Rumah Sakit (komponen gaji dan insentif) yang diterima masing-masing jabatan/pegawai mendasarkan antara lain:

1.Surat Keputusan Pimpinan BLU RS mengenai grading jabatan, yang merepresentasikan tanggung jawab, widening penyelesaian pekerjaan dan risiko jabatan.

2.Capaian kontrak kinerja yang ditandatangani pegawai ybs dengan atasan langsungnya,

3.Aktifitas-aktifitas lain yang ditugaskan oleh atasan/pimpinan

4.Tingkat keberadaan ybs ditempat kerja.

Apabila akan membandingkan take home pay remunerasi jabatan perawat dengan jabatan administrasi atau jabatan penunjang medik, maka perlu data-data seperti SK grading, capaian kinerja, aktifitas lain, tingkat keberadaan ybs, selanjutnya dapat langsung menghubungi unit pada yang menangani remunerasi pada RS berkenaan.

Demikian disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Terjawab 12.04.2018