Pertanyaan:

Kami satker BLU yang telah memiliki PMK tarif sejak tahun 2014. Seiring perkembangan peningkatan pelayanan hingga saat ini kami telah memiliki banyak layanan kesehatan yang belum memiliki tarif di PMK kami. Saat ini proses usulan revisi tarif kami sementara dalam kajian di eselon I. Apakah boleh kami menetapkan / menggunakan tarif layanan baru yang tidak ada di PMK tarif kami. Kalau boleh, bagaimana mekanismenya, apakah cukup dengan surat keputusan pemimpin blu?

26.04.2018 • Yaqin

Jawaban:

Yth. Sdr. Yaqin

Sesuai dengan ketentuan dalam pasal 9 PP 74 2012 dan Peraturan Menteri Keuangan nomor 100/PMK.05/2016, pengenaan tarif kepada pengguna layanan harus berdasarkan Peraturan menteri Keuangan (PMK) tentang tarif BLU ybs baik itu yang tertera pada batang tubuh, lampiran PMK maupun yang didelegasikan kepada Pemimpin BLU.

Sepanjang peningkatan layanan tersebut dapat ditampung dalam jenis atau kelompok layanan pada PMK maka kegiatan tersebut dapat langsung dilakukan. Namun apabila layanan tersebut adalah layanan baru maka harus dilakukan revisi PMK terlebih dahulu.

Terima kasih

Terjawab 30.04.2018