Pertanyaan:

Yth. Helpdesk BLU Satker BLU kami telah melakukan penganggaran menggunakan akun MAK 525125 (Belanja Barang Persediaan untuk Dijual/Diserahkan kepada Masyarakat – BLU) Bagaimana penatausahaan barang dimaksud? Apakah belanja yang berasal dari Akun MAK 525125 dapat dijual secara langsung kepada masyarakat dan hasil penjualan masuk PNBP BLU? terima kasih

20.09.2018 • Nisa

Jawaban:

Yth. Ibu Khairunnisa

Kementerian ESDM.

Sehubungan dengan pertanyaan ibu di Helpdesk BLU, dapat kami sampaikan hal sebagai berikut:

Penggunaan akun 525125 – Belanja Barang Persediaan Untuk Dijual/Diserahkan kepada Masyarakat – BLU, menurut bagan akun standar (BAS), menurut pendapat kami lebih tepat digunakan untuk belanja barang yang langsung jadi tanpa proses lebih lebih lanjut yang nantinya akan dijual atau dihibahkan kepada masyarakat.

Sedangkan untuk belanja bahan yang tepat sesuai dengan pertanyaan Ibu, menurut pendapat kami terdapat 2 alternatif yaitu:

Akun 525126 – Belanja Persediaan Bahan Baku Untuk Proses Produksi – BLU, yaitu untuk pembelian bahan baku (raw material) yang harus diproses/diolah/dirakit terlebih dahulu untuk dapat dijual atau diserahkan kepada mitra.

Akun 525127 – Belanja Persediaan Dalam Proses Untuk Proses Produksi – BLU, yaitu untuk pembelian bahan/barang yang setengah jadi atau masih perlu ditambah dan diproses lagi sebelum menjadi barang jadi yang nantinya akan dijual atau diserahkan kepada mitra.

Terjawab 23.09.2018