Pertanyaan:

Salam, Mohon ijin, Pak saya mau menanyakan untuk status pegawai tetap pada badan Layanan Umum apakah termasuk ASN? Merujuk pada UU ASN No 5 tahun 2015,Bab 1 pasal 1 (ASN adalah PNS dan PPPK)? Atau bukan ASN kah? , dan masa depan para pegawai BLU bagaimana pak, apabila BLU itu dibubarkan atau dicabut status PK BLU nya,

25.10.2018 • Bayu

Jawaban:

Yth. Bpk. Bayu

Berdasarkan Pasal 1 angka 1 PP Nomor 23 Tahun 2005, BLU adalah instansi di lingkungan Pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

Pasal 33 ayat (1) PP Nomor 23 tahun 2005: Pejabat pengelola BLU dan pegawai BLU dapat terdiri dari pegawai negeri sipil dan/atau tenaga profesional non-pegawai negeri sipil sesuai dengan kebutuhan BLU.

Pasal 34 ayat (1) PP Nomor 23 Tahun 2005: Pembinaan teknis BLU dilakukan oleh menteri/pimpinan lembaga/kepala SKPD terkait. --> dengan demikian termasuk pembinaan mengenai kepegawaian.

Dalam operasionalnya, BLU antara lain mendasarkan pelaksanaan operasionalnya pada Pola Tata Kelola, yang merupakan peraturan internal yang menetapkan organisasi dan tata laksana, yang memuat struktur organisasi, serta pengangkatan dan pemberhentian pejabat pengelola dan pegawai BLU (Pasal 10 PMK No 180/PMK.05/2016).

Dengan demikian, ketentuan mengenai pengelolaan pegawai apabila BLU dibubarkan atau dicabut status PKBLUnya merupakan kewenangan dari pembina teknis dan instansi pemerintah yang bersangkutan.

Terima kasih.

Terjawab 29.10.2018