Pertanyaan:

Yth. Tim Helpdesk PPKBLU Kami ingin bertanya terkait dengan Pendapatan Hibah BLU. Bagaimana perlakuannya jika kami mendapat hibah dalam bentuk uang yang ditransfer ke rekening operasional penerimaan BLU atau hibah dalam bentuk barang. Apakah mekanismenya dilakukan sesuai PMK 99 Tahun 2017 ? Atau ada perlakuan khusus bagi satker BLU, bagaimana pencatatan atas pendapatan hibahnya, akun berapa yang dipakai, dan bagaimana pengesahannya? Terima kasih

16.11.2018 • Nur Yaqin Amin

Jawaban:

Yth. Sdr. Nur Yaqin Amin

Terkait pertanyaan tersebut dapat kami sampaikan sebagai berikut:

PP 23 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum:

  1. Pasal 14 (ayat 2) disebutkan bahwa Pendapatan yang diperoleh dari jasa layanan yang diberikan kepada masyarakat dan hibah tidak terikat yang diperoleh dari masyarakat atau badan lain merupakan pendapatan operasional BLU.
  2. Pasal 14 (ayat 3) disebutkan bahwa hibah terikat yang diperoleh dari masyarakat atau badan lain merupakan pendapatan yang harus diuperlakukan sesuai dengan peruntukannya.

Pengaturan Hibah dalam PMK No. 99/PMK .05/2017 tidak mencakup penerimaan hibah pada satuan kerja yang menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum.

Perdirjen 3 tahun 2018 menyebutkan bahwa revisi anggaran yang menjadi kewenangan Kanwil DJPb salah satunya adalah penambahan dan/atau pengurangan penerimaan hibah langsung. BLU dapat melakukan revisi DIPA Petikan yang diakibatkan atas penerimaan hibah langsung berupa uang. Hibah langsung tersebut merupakan PNBP BLU dan tidak memerlukan nomor register hibah.sehingga berdasarkan permasalahan diatas maka apabila BLU mendapat hibah berupa uang maka cukup revisi DIPA. terkait Akun agar menyesuaikan dengan Bagan Akun Standar.

Terima Kasih

Terjawab 22.11.2018