Pertanyaan:

Mohon ijin bertanya, Yth PPK BLU, Bagaimanakah prosedur pengajuan penggunaan saldo awal diatas ambang batas 10 % oleh satker BLU dan berapa batas maksimumnya yang dapat di gunakan serta berapa lama proses pengajuan ijin penggunaan saldo awal tersebut, mohon pencerahannya. Terimakasih

25.03.2019 • Dudung

Jawaban:

Yth. Bpk. Dudung

BLU diperkenankan menggunakan saldo awal untuk membiayai belanja, terutama untuk operasional layanan. Penggunaan saldo awal tidak berkaitan dengan persentase ambang batas belanja, sehingga BLU dapat menggunakan saldo awal sesuai kebutuhan, namun dengan tetap mempertimbangkan likuiditas BLU. Adapun prosedur penggunaan saldo awal diatur sebagai berikut:

  1. Untuk belanja terkait operasional layanan, BLU dapat langsung mengajukan usul revisi penggunaan saldo awal kepada Kanwil DJPb setempat dengan terlebih dahulu melakukan revisi RBA definitif dan diketahui oleh Dewas (PMK 92/PMK.05/2011).
  2. Untuk belanja yang tidak terkait dengan layanan, maka penggunaan saldo awal harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari Dirjen Perbendaharaan melalui eselon I K/L.

Adapun lama proses revisi sesuai SOP pada Kanwil DJPb paling lama 5 (lima) hari kerja.

Terima kasih.

Terjawab 26.03.2019