Pertanyaan:

1. Bagi Pegawai BLU (Pegawai Negeri Sipil) yang selama ini menerima TUKIN, maka pada saat Instansinya berubah menjadi BLU apakah pegawai BLU tersebut boleh memilih menerima TUKIN saja dan tidak menerima Remunerasi sebagai Imbal Jasa atas Kinerjanya ? 2. Apakah Boleh Dosen tetap menerima Tunjangan Sertifikasi Dosen yang notabene adalah Tunajangan yang dibayarkan atas kinerja dosennya dan juga menerima Remunerasi sekaligus mengingat Remunerasi dibayarkan sebagai imbal jasa atas kinerja nya juga sebagai dosen ? Mohon petunjuk dan arahannya agar tidak menajdi temuan BPKP dan BPK

03.07.2019 • Irfan Syahputra

Jawaban:

Yth. Sdr. Irfan Syahputra

1. Sebagaimana ketentuan pada PMK nomor 176/PMK.05/2017 tentang Pedoman Remunerasi BLU, terhadap instansi pemerintah yang menerapkan PPK-BLU, pemberian penghasilan kepada para pejabat, pegawai dan dewan pengawas dilakukan dengan mekanisme remunerasi.

2. Sesuai ketentuan dalam klausul KMK remunerasi pada masing2 satker BLU, komponen remunerasi berupa insentif tidak diberikan atas capaian kinerja yg telah dihargai dari tunjangan profesi yg brsumber dr RM sesuai peraturan perundang2an. Remunerasi komponen insentif tsb dapat dibayarkan atas capaian kinerja di luar kinerja yg telah diperhitungkan melalui sertifikasi dosen.

Terima Kasih.

Terjawab 09.07.2019