Pertanyaan:

Yth. Bapak/Ibu Redaksi Mohon pencerahan terkait SPI dari PMK No.200 tahun 2017 pada pasal 5 butir "c" saya ingin bertanya : 1. Apakah SPI harus melakukan Audit Khusus setiap tahunnya terkait tugas pemeriksaan pada pasal tersebut ? Laporan Hasil Pengawasan SPI apakah harus selalu berbentuk Laporan Hasil Audit?. 2. Apakah SPI dapat melakukan Audit atas kemauan sendiri artinya Ketua SPI dapat memerintahkan dirinya sendiri untuk melakukan Audit Khusus di internal BLU tanpa perintah dan persetujuan Pemimpin BLU. terima kasih

11.07.2019 • Parno

Jawaban:

Yth. Sdr. Parno

1. Pengawasan yg dilakukan oleh SPI tergantung dari kebutuhan dan rencana program kerja yg telah disusun. Laporan hasil pengawasan terdapat dlm pasal 9. Perlu dipahami bahwa audit bukanlah satu-satunya teknik pengawasan yang dapat dilakukan oleh SPI untuk memastikan kehandalan sistem pengendalian intern BLU. Dari sini dapat dipahami bahwa laporan hasil pengawasan yang dibuat oleh SPI sebagaimana dimaksud Pasal 9 bukan terbatas laporan hasil audit.

2. Pada dasarnya program pengawasan yg dilakukan oleh SPI telah direncanakan dlm rencana program kerja yg telah disampaikan kpd pemimpin BLU, yang di dalamnya memuat informasi mulai dari teknik pengawasan s.d. jadwal. Khusus untuk jadwal ini bisa dirahasiakan kalau diperlukan (Pasal 7).

Terima kasih.

Terjawab 15.07.2019