Pertanyaan:

Yth. PPK BLU Kemenkeu Ada beberapa pertanyaan yang saya ajukan : 1. Dalam pengelolaan kas, apakah salah jika satker BLU hanya menggunakan satu bank saja untuk seluruh pengelolaan dananya (operasional, kelolaan, deposito, dll)? Sebagai contoh untuk kemudahan operasionalnya, padahal bank lain memberikan keuntungan bunga deposito yang lebih besar. Hal ini bisa terjadi apabila adanya persyaratan dari bank untuk memberikan tambahan layanan (CSR, hibah atau lainnya) jika seluruh rekeningnya di satu bank tersebut. 2. Apakah pengelolaan kas harus di bank buku 4 atau bisa selainnya, dalam arti apa yang menjadi dasar/anjuran bahwa baiknnya dikelola di bank buku 4. Terimakasih

02.09.2019 • Ibnu Aji

Jawaban:

Yth Bapak Ibnu Aji

1. Terkait pembukaan rekening, tidak diatur bahwa 3 jenis rekening BLU harus dibuka di 1 atau beberapa bank pemerintah, sehingga BLU dapat membuka di salah satu bank pemerintah dengan tetap mengutamakan prinsip efektifitas dan efisiensi penggunaan rekening tersebut.

2. Dalam pengelolaan kas, BLU harus berpegang pada prinsip kehati-hatian dan menerapkan manajemen risiko sehingga dalam memilih bank mitra melalui beauty contest sebaiknya ditempatkan di bank pemerintah dengan risiko yang paling rendah.

Terima Kasih

Terjawab 05.09.2019