Pertanyaan:

Yth Tim PPK BLU Ada 2 pertanyaan : 1. Dalam PMK 82 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Kas dan Investasi BLU, terdapat kata-kata :"batas maksimum proporsi kas BLU yang dapat ditempatkan pada satu pihak" atau "batas maksimum proporsi kekayaan BLU yang dapat ditempatkan pada satu pihak", apakah yang dimaksud adalah bahwa BLU sebaiknya tidak menempatkan kekayaan/kas hanya pada satu pihak dalam rangka keadilan dan bisnis yang sehat ? 2. Dalam investasi, dimana pimpinan BLU menetapkan "batas maksimum proporsi kas BLU yang dapat ditempatkan pada satu pihak", apabila dalam beauty contest terdapat 1 pihak bank yang menawarkan bunga deposito paling tinggi, pimpinan BLU dapat melampau batasan maksimum ini, atau cukup sampai sampai dengan batas maksimum, sedangkan sisanya ditempatkan pada pihak pemenang kedua dan seterusnya. Terimakasih.

14.10.2019 • Ibnu Aji

Jawaban:

Yth Bapak Ibnu Aji

1. Pemimpin BLU membuat aturan internal dalam hal penempatan kas BLU pada mitra, termasuk batas maksimal proporsi kas. hal ini untuk menghindari risiko yang lebih besar jika sebagian besar proporsi kas tersebut di tempatkan pada 1 mitra dan mitra tersebut mengalami kerugian/bangkrut/pailit.

2. dalam hal pemimpin BLU sudah menetapkan batas maksimumnya, maka penempatan berikutnya dari batas maksimum tersebut dapat ditempatkan pada mitra lainnya untuk mengurangi risiko yang mungkin muncul pada poin 1 di atas.

Terima kasih.

Terjawab 16.10.2019