Pertanyaan:

Yth. PPK-BLU, ada pertanyaan dari kami terkait pengangkatan Ketua dan sekretaris Jurusan bagi dosen berstatus non-PNS. Apakah boleh di tempat kami melakukan pengangkatan dosen tetap bukan PNS menjadi seorang pejabat Kajur & sekjur dgn menjadikan PMK No. 3 Thn 2016 tentang pengangkatan dosen tetap bukan PNS pada PTKN sebagai dasar hukum tsb, khususnya pasal 8 yg berbunyi "mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas serta prestasi kerja, memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas dan hak atas kekayaan intelektual"? yang kami butuhkan disini penjelasan ttg kedudukan & status PMK tsb yg berbeda makna dgn Statuta kami (PMA 20 Tahun 2014, pasal 53 ayat 1) yg berbunyi "Persyaratan calon Ketua dan calon Sekretaris Jurusan berstatus PNS"? Terima Kasih.

21.10.2019 • Syarif

Jawaban:

Yth. Bpk. Syarif

Badan Layanan Umum diberikan fleksibilitas dapat mengangkat pegawai non-PNS profesional guna menduduki posisi dan jabatan tertentu dengan prinsip efisien, transparan dan akuntabel guna meningkatkan layanan BLU. Dan Pegawai Non-PNS tersebut dapat menduduki jabatan bahkan sebagai pimpinan BLU.

Namun jika statuta universitas membatasi posisi atau jabatan tertentu hanya boleh diisi oleh pegawai PNS, berarti posisi dan jabatan tersebut hanya diperuntukkan oleh pegawai PNS saja.

Terima Kasih

Terjawab 24.10.2019