Pertanyaan:

Apakah saldo dana bergulir pada BLU pengelola dana bergulir dapat didepositokan dan bunganya dapat digunakan untuk membayarkan gaji/tunjangan bulanan pegawai BLU?

18.11.2019 • ariany

Jawaban:

Yth. Sdr. Arifuddin Ariany

BLU harus mengoptimalkan kas yang menganggur pada Rekening Operasional Penerimaan BLU dan/atau Rekening Dana Kelolaan BLU dengan melakukan investasi (Pasal 15 Peraturan Menteri Keuangan Nomor 82/PMK.05/2018 tentang Pengelolaan Kas dan Investasi BLU). Pengelolaan kas dan investasi BLU dilaksanakan berdasarkan prinsip kehati-hatian, transparansi, efisiensi, efektivitas, akuntabilitas, pertanggungjawaban, independensi, dan kewajaran.

Dana bergulir yang menganggur (idle) pada BLU dapat dioptimalkan dengan investasi jangka pendek pada instrumen keuangan dengan risiko rendah, misalnya deposito on call dan/atau deposito berjangka, dengan analisis risiko, kajian, dan pendokumentasian yang memadai.

Hasil optimalisasi kas yang menganggur pada BLU dapat digunakan untuk membiayai operasional BLU (antara lain pembayaran remunerasi) sesuai dengan Rencana Bisnis dan Anggaran, dengan tetap memperhatikan ketentuan dalam peraturan perundang-undangan tentang pembayaran remunerasi pada BLU yang bersangkutan.

Demikian, Terima Kasih

Terjawab 19.12.2019