Pertanyaan:

Assalamu alaikum wr wb. Yth Tim PPK BLU, di BLU UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki Wisma Syahida (terdapat kamar dan ruang meeting yg disewakan ke masyarakat umum dalam bentuk paket meeting half/fullday atau fullboard meeting). pertanyaannya: 1. apakah unit kerja lain dalam UIN seperti fakultas-fakultas boleh dikenakan tarif jika ingin menggunakan paket fullboard meeting? 2. lantas bagaimana dg uang harian dan uang transport kepada peserta fullboard tsb, apakah boleh diberikan sesuai SBM? terima kasih atas penjelasannya. Wassalamu alaikum wr wb

30.12.2019 • Ady Cahyadi

Jawaban:

Yth. Sdr. Ady Cahyadi

Waalaikumussalam wr wb.

1. Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 168/PMK.05/2017 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta pada Kementerian Agama Pasal 9 yang berbunyi bahwa " Tarif Layanan Penunjang Akademik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ditetapkan dengan Keputusan Rektor Badan Layanan Umum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta pada Kementerian Agama". Tarif layanan penunjang akademik disini (pasal 4) termasuk tarif penggunaan lahan, ruangan dan gedung.

Namun demikian, dalam penetapan tarifnya, BLU harus tetap mempertimbangkan harga pasar disertai analisis 4 aspek yaitu kontinuitas dan pengembangan layanan, daya beli masyarakat, keadilan dan kepatutan serta kompetisi yang sehat.

Selain itu harus memperhatikan governance dan transparansi pengelolaan unit bisnis yang dimiliki.

2. Sesuai PMK mengenai Standar Biaya Masukan, kegiatan tersebut menggunakan satuan biaya rapat/ pertemuan di luar kantor dalam rangka penyelesaian pekerjaan yang perlu dilakukan secara intensif dan bersifat koordinatif.

Secara substansi, kegiatan tersebut digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang memerlukan konsentrasi penuh dalam suatu tempat dan waktu tertentu diluar kantor. Dalam hal ini, kantor yang dimaksud adalah suatu tempat/ ruangan yang digunakan untuk aktifitas operasional administrasi sehari-hari (a.l. ruang rapat, ruang kerja, dll). Adapun wisma merupakan fasilitas yg tidak dapat melakukan fungsi perkantoran.

Untuk itu, Kegiatan yang dilakukan di wisma dapat disebut "luar kantor", sehingga dapat dibayarkan uang hariannya. Sedangkan untuk pembayaran uang transport, KPA perlu mempertimbangkan jarak dari kantor ke wisma (apabila sangat dekat dengan kantor, tidak dapat dibayarkan).

Terima Kasih.

Terjawab 08.01.2020