Pertanyaan:

Salam hangat Tim PPK-BLU Saya ini bertanya terkait penyusunan Renstra Bisnis BLU. Apakah ada peraturan perundangan-undangan sebagai panduan atau pedoman penyusunan Renstra Bisnis BLU? Apakah juga mengikuti Permen PPN/Ka Bappenas Nomor 05/2019 tentang Tata Cara Penyusunan Renstra K/L 2020-2024? Terima kasih dan mohon pencerahan.

03.03.2020 • Tito Rizaldi

Jawaban:

Yth. Bapak Tito Rizaldi

Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan.
Untuk menyusun Rencana Strategis Bisnis (RSB) BLU, Bapak dapat mempedomani PMK Nomor 180/PMK.05/2016 tentang Penetapan dan Pencabutan Penerapan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum pada Satuan Kerja Instansi Pemerintah.

Isi RSB BLU (Pasal 11) setidaknya meliputi:

  1. Visi
  2. Misi
  3. Program strategis untuk 5 tahun ke depan (program, kegiatan, hasil/keluaran yang terukur), meliputi aspek pelayanan, keuangan, SDM, serta sarpras dengan memperhitungkan kekuatan dan kelemahan, peluang, dan ancaman/kendala yang ada atau mungkin timbul.
  4. Capaian kinerja yang terukur untuk tahun berjalan dan 2 tahun sebelumnya (hasil/keluaran atas program/kegiatan yang dicapai dari aspek keuangan, pelayanan, SDM, dan sarpras), disertai dengan analisis faktor intern dan ekstern yang mempengaruhi capaian kinerja.

Khusus untuk Aspek Keuangan, agar meliputi realisasi dan proyeksi pendapatan dan belanja yang berasal dari PNBP dan/atau Rupiah Murni dari APBN, serta indikasi tarif layanan.

Mengingat BLU beroperasi sebagai unit kerja kementerian untuk tujuan pemberian layanan umum dan merupakan bagian perangkat pencapaian tujuan kementerian sebagai instansi induknya, maka isi RSB BLU agar diselaraskan muatannya dengan Rencana Strategis kementerian terkait. Dalam hal tata penyusunannya, tidak terdapat format baku untuk RSB BLU.

Terima kasih.

Terjawab 17.03.2020