Pertanyaan:

Jika ada pengadaan barang/jasa berupa sewa jaringan internet yang memiliki masa kontrak 1 tahun (masa 2020-2021) dibayar lunas sekaligus, bagaimana perlakuan akuntansinya? apakah langsung dibebankan, atau bisa dijadikan aset dan didepresiasi per bulan?

24.06.2020 • karindra

Jawaban:

Selamat Pagi Saudari Karindra
terima kasih atas pertanyaannya

untuk menjawab hal ini kita menggunakan ilustrasi sebagai berikut:

tanggal 1 september 2020 dibayar langganan jaringan internet untuk satu tahun kedepan sebesar 12 juta, kontrak berarkhir tanggal 31 Agustus 2021. berikut perlakuan akuntansinya:

Pada tanggal 1 september 2020 pada saat SP2D terbit maka akan tercatat belanja operasional perkantoran sebesar 12 juta (pada Laporan Realisasi Anggaran) dan aplikasi secara otomatis akan mencatat beban operasional 12 juta (pada Laporan Operasional).

Pada tanggal 31 Desember 2020 perlu dilakukan penyesuaian untuk memunculkan piutang dengan mencatat adanya belanja dibayar dimuka sebesar 8 juta (debet) dan kredit beban operasional 8 jt (kredit). Sehingga di neraca muncul piutang / belanja dibayar dimuka sebesar 8 juta. dan beban operasional di LO menjadi 4 juta (12jt-8jt). hal ini menggambarkan beban yang sesungguhnya terjadi di tahun 2020 yaitu 4 bulan sebesar 4 jt, sesuai catatan beban di LO.

Sesuai PMK 220/PMK.05/2016 belanja dibayar di muka merupakan piutang yang timbul akibat BLU telah melakukan pembayaran terlebih dahulu atas transaksi pembelian barang/j asa dari mitra kerja atau pihak lain namun sampai dengan akhir periode pelaporan keuangan barang/ jasa dimaksud belum diterima atau belum habis dikonsumsi atau belum habis batas pemakaian .

  1. Belanja Dibayar di Muka dicatat pada akun 1 1 44 1 1 Belanja Barang yang Dibayar di Muka (prepaid).
  2. Belanja dibayar di muka diakui pada saat akhir periode pelaporan keuangan berdasarkan masing-masing buku pembantu piutangnya.
  3. Dalam rangka penyusunan laporan keuangan secara periodik, belanja dibayar di muka diukur sebesar nilai piutang sesuai dengan perhitungan ringkasan berdasarkan masing-masing buku pembantu piutangnya.

demikian kami sampaikan dan terima kasih.

Terjawab 30.06.2020