Pertanyaan:

Apakah boleh pegawai BLU mendapatkan honor tim kegiatan dari unit lain (bukan unit pegawai tersebut berada)? mohon dibantu dasar hukumnya juga. terima kasih.

10.07.2020 • Aditya Prasetyo

Jawaban:

Selamat pagi Bapak Adityo Prasetyo, terima kasih telah menggunakan layanan Helpdesk PPKBLU. Terhadap pertanyaan yang Bapak ajukan, dapat kami sampaikan hal sebagai berikut:

Remunerasi pada BLU diberikan berdasarkan kinerja sesuai tingkat tanggung jawab dan profesionalisme yang ada pada masing-masing jabatan. Adapun tingkat tanggung jawab dan profesionalisme dimaksud, didapatkan berdasarkan hasil analisis dan evaluasi jabatan sesuai dengan ketentuan perhitungan nilai jabatan yang berlaku.

Dalam proses analisis dan evaluasi jabatan, hendaknya dilakukan secara menyeluruh terhadap seluruh tugas dan tanggung jawab sesuai dengan tugas pokok, fungsi, dan uraian jabatan yang ada pada jabatan tersebut. Dengan demikian, dalam hal pejabat/pegawai melaksanakan tugas sebagaimana telah tercantum dalam tugas pokok, fungsi, dan uraian jabatan yang ada, maka dihargai dengan skema remunerasi sesuai ketentuan yang berlaku dalam KMK remunerasi masing-masing BLU.

Dalam hal terdapat tugas dan fungsi lain yang dijalankan oleh pejabat/pegawai pada BLU yang diberikan oleh pihak lain selain BLU, dapat dibebankan penghargaannya kepada pihak dimaksud sesuai dengan ketentuan yang berlaku baik terkait besaran yang diberikan maupun tata cara pembayarannya, serta ketentuan lain yang diterbitkan oleh Menteri Keuangan maupun menteri teknis seperti misalnya dalam hal terdapatnya larangan pemberian honorarium kepada pejabat/pegawai dalam satu kementerian/lembaga.

Demikian disampaikan, semoga penjelasan kami dapat membantu.

Terjawab 13.07.2020